Parenting

Gigi di tahun kedua kehidupan / Gigi Permanen

Gigi di tahun kedua kehidupan / Gigi Permanen

Anak kita mungkin akan “merasakan sakit akibat tumbuh gigi” sepanjang tahun hidupnya yang kedua, dan mungkin akan lebih menyakitkan daripada di tahun pertama.

Kapan gigi nampak pada anak kecil?

Gigi yang menghasilkan rasa tidak nyaman adalah gigi yang dibesarkan pertama, yang menembus antara 12 dan 15 bulan, dan pipi kedua, yang muncul pada akhir tahun kedua kehidupan. Gigi taring runcing tumbuh sementara ini, tapi biasanya tidak menimbulkan masalah.

Mengapa gigi terasa sakit bagi anak-anak?

Gigi ┬ábesar dan kusam, dan karena itu mendorong perlahan melalui gusi. Proses ini tidak membuat anak Anda sakit, tapi bisa sangat menyakitkan dan anak Anda akan sering memiliki mood yang buruk – rasa sakit tidak menyebabkan mood baik bagi siapapun.

Jika gigi ada di depan terobosan, pipi di sisi yang terkena mungkin panas dan merah, dan apapun yang mungkin dilakukan anak Anda untuk menghilangkan rasa sakit (seperti mengisap atau mengunyah) juga bisa menyebabkan rasa sakit. Jika anak Anda mengisap jempolnya atau mengambil dot, maka mungkin tertidur, karena mengisap tidak hanya tidak enak, rasa sakit berhenti bahkan setelah mengisap.

Untuk diberi ASI atau minum dari botol juga bisa mengiritasi gusi dan mengganggu anak Anda. Biarkan menggigit selama yang diinginkannya, tapi jika itu menyakitkan, maka tawarkan dia minuman di cangkir sehingga pasti akan cukup minum.

Kabar baiknya adalah: Setiap gigi baru membuat beberapa hari masalah.

Bagaimana saya bisa membantu?

Tidak banyak cara untuk membantu tapi hal kecil yang bisa Anda lakukan akan menenangkan Anda dan anak Anda:

Sesuatu yang dingin untuk menggigit mungkin menyenangkan. Cincin gel bisa menahan gigi susu, tapi wortel mentah yang didinginkan di air es juga sangat efektif, terutama karena anak Anda bisa menaruhnya persis di tempat yang sakit.

Untuk menggosok gusi yang terkena dengan jari kadang membantu, Anda mungkin bisa menggabungkannya dengan gel kedokteran gigi yang tersedia di Dogerien.

Angin dingin sering membuat keluhan memburuk. Anak Anda harus selalu memakai penutup kepala selama bulan-bulan dingin. Hindari menarik – bahkan melalui jendela yang terbuka saat berkendara.

Bisakah tumbuh gigi membuat anak sakit?

Jika anak Anda menderita sakit parah yang tidak berasal dari mengisap atau mengunyah, maka sesuatu selain gigi di belakangnya mungkin macet.

Pada usia ini, sakit telinga sangat sering, yang sering tumpang tindih dengan sakit gigi. Jika anak Anda demam, bisa juga karena tumbuh gigi, tapi pastinya tidak bekerja dengan baik.

Jika tidak ada demam, tapi jika tangan terus dipegang pada wajah atau telinga, maka hanya dokter yang bisa memberi tahu Anda apakah itu berasal dari telinga, tumbuh gigi, atau keduanya.

Mintalah anak Anda memeriksanya. Jika dokter tidak dapat melakukan hal lain untuk anak bergigi Anda, dia dapat meresepkan setidaknya parasetamol untuk menghilangkan rasa sakit dan demam.