Sehat

Inilah Alat-Alat Medis di Ruang Operasi Rumah Sakit dan Klinik

Alat-alat medis di Ruang Operasi ada banyak sekali macam dan jenisnya. Ruang Operasi sebagaimana anda tahu merupakan salah satu ruang penting yang ada di Rumah Skait. Ruangan Operasi digunakan untuk melakukan tindakan operasi pada pasien. Di dalam ruangan ini terdapat berbagai macam dan jenis alat – alat operasi dan alat medis yang termasuk alat penunjang ruang operasi.

alat-alat medis di ruang operasi

Operasi yang kita kenal adalah sebuah tindakan pembedahan terhadap tubuh pasien dengan menggunakan alat – alat medis khusus untuk mengobati atau mengeluarkan benda asing yang masuk di dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, di dalam ruangan ini terdapat berbagai macam alat medis yang memang secara khusus untuk ruang operasi yang kita akan sebutkan macamnya sekarang.

Alat-alat Medis di Ruang Operasi Rumah Sakit

Berikut beberapa alat kesehatan yang biasanya ada di ruang operasi sebuah Rumah Sakit atau Klinik.

1. Lampu Operasi

Sebuah ruang operasi tentunya membutuhkan penerangan yang berfungsi untuk menerangi dokter pada saat melakukan tindakan operasi. Biarpun fungsinya sama – sama untuk penerangan, lampu operasi ini tidak sama dengan lampu penerangan rumah kita. Lampu operasi didesain khusus dan tersusun dari jenis lampu yang berbeda dengan lampu penerangan biasa. Terlebih lagi cara pemasangannya. Lampu ini biasanya dipasang di ternit atau dak secara permanen. Harga lampu ini juga cukup mahal. Jika anda tanyakan di toko alat kesehatan yang jual lampu operasi, harga satu unit lampu ini mencapi harga puluhan juta rupiah. Bahkan ada juga yang hingga ratusan juta rupiah.

2. Meja Operasi

Pasangan dari lampu operasi adalah meja operasi yang merupakan salah satu jenis alat yang cukup vital di dalam ruangan tersebut. Meja operasi berfungsi untuk meletakan atau tempat berbaring pasien yang sedang menjalani operasi. Meja operasi ini juga didesain khusus dengan model yang telah disesuaikan dengan desain internasional. Meja operasi juga memiliki harga yang cukup mahal hingga ratusan juta rupiah.

3. Electrosurgical Unit (ESU)

Alat-alat medis di ruang operasi selanjutnya adalah ESU (Electrosurgical Unit). Merupakan salah salah satu alat bedah yang digunakan untuk membedah atau membuka jaringan kulit pasien dengan tenaga listrik. Salah satu keunggulan dengan menggunakan alat ini adalah darah yang keluar tidak terlalu banyak sehingga tidak mengganggu proses operasi.

Masih ada banyak sekali model dan macam alat-alat medis di ruang operasi rumah sakit dan klinik. Semoga tiga jenis alat tersebut bisa mewakili alat kesehatan untuk operasi dan juga bisa bermanfaat serta menambah wawasan kita. Sekian dan terimakasih.