Sehat

Mengenal Alat Kesehatan Sebagai Alat Ukur

Ada berbagai macam alat kesehatan yang beredar di lingkungan kita. Sebagaimana kita tahu, alat kesehatan terbanyak bisa kita temukan di Rumah Sakit. Namun ada beberapa kelompok atau jenis alat kesehatan menurut fungsinya. Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak pembaca sekalian untuk berbicara mengenai satu kelompok alat kesehatan yang berfungsi sebagai alat ukur.

alat kesehatan sebagai alat ukur

Alat Kesehatan merupakan satu benda, instrumen, mesin, apparatus, yang berfungsi untuk mencegah dan mendiagnosa penyakit, meringankan dan menyembuhkan orang sakit, memulihkan kesehatan pada manusia serta untuk membentuk struktur dan memperbaiki fungsi jaringan tubuh.

Nah kalau anda perhatikan, ada kelompok alat kesehatan yang berfungsi sebagai alat ukur. Apa sajakah itu ? Berikut beberapa jenis alat kesehatan yang dimaksud :

1. Termometer

Saya kira anda pasti tahu alat ini, termometer merupakan satu alat kesehatan yang berfungsi untuk mengukur suhu tubuh manusia. Alat ini cukup penting karena bisa kita gunakan untuk mengukur suhu tubuh pada saat demam. Ada banyak sekali jenis dan model termometer yang banyak dijual dipasaran seperti termometer air raksa, termometer digital, termometer infra merah dan ada beberpa jenis lainnya.

2. Tensimeter

Alat yang satu ini saya yakin anda juga mengetahuinya. Tensimeter merupakan satu alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah pada manusia. Tekanan darah merupakan salah satu indikator dan parameter kesehatan pada manusia. Ada beberapa jenis tensimter yang ada dipasaran namun umumnya ada dua jenis tensimeter yaitu tensimeter digital dan tensimeter manual. Sedangkan tensimeter manual terdiri dari dua jenis yaitu air raksa dan aneroid (jarum).

3. Timbangan Badan

Jangan anda katakan anda tidak tahu alat ini. Timbangan badan jelas merupakan alat ukur. Timbangan merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur berat badan. Hampir semua alat ukur sekarang terdiri dari dua jenis yaitu manual dan digital. Begitu juga dengan timbangan, ada dua jenis timbangan yang umum kita temukan di pasaran yaitu digital dan timbangan manual.

Demikian yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Untuk anda yang membutuhkan alat kesehatan untuk alat ukur, anda bisa kunjungi Distributor Alat Kesehatan terdekat dengan tempat tinggal anda.