Parenting

Membantu Anak belajar bahasa

Membantu Anak belajar bahasa

Anak-anak sangat tertarik dengan suara manusia. Mereka mendengarkan dan berkonsentrasi pada suara orang yang berbicara. Hal ini berlaku untuk balita Bunda  sekarang, sama seperti saat masih bayi.

Bagaimana saya bisa mengembangkan kemampuan bahasa anak saya?

Bicaralah sesering mungkin dengan anak Bunda  – sejak hari pertama kehidupan. Hal ini tentu saja tidak akan mendapat tekanan atau berlebihan, karena bayi dan balita juga membutuhkan waktu istirahat dan keheningan. Ambil kesempatan untuk “percakapan dua mata”. Saat Bunda  berbicara dengan anak Bunda  dan anak yang lebih tua atau membacakan keduanya, anak Bunda  tidak akan mendengar banyak pengulangan yang dia butuhkan. Lebih baik jika Bunda  berbicara dengan anak Bunda  sendiri.

Lihatlah si kecil Bunda  saat Bunda  berbicara, karena dengan begitu Bunda  dapat mengamati wajah, ekspresi wajah dan gerak tubuh Bunda . Cobalah untuk tidak menggunakan terlalu banyak kata yang tidak diketahui, tapi selalu perkenalkan kata-kata baru, yang kemudian Bunda  jelaskan.

Kombinasikan bahasa dengan tindakan dan isyarat. Saat melepas sweater Bunda , katakan, “Sekarang kita mengeluarkan sweternya!”, Dan kemudian, “Dan sekarang sepatunya.”

Promosikan cinta anak Bunda  untuk membaca. Sudah untuk bayi ada buku bergambar, yang bisa Bunda  tunjukkan pada anak Bunda  dan yang secara linguistik deskripsikan. Untuk bayi di bulan pertama, terutama gambar dengan warna kontras yang kuat seperti hitam dan putih sangat sesuai, karena mereka dapat mengenali ini dengan sangat baik. Bacalah setiap hari dengan anak Bunda  dan kunjungi perpustakaan secara teratur – membaca sangat penting untuk pengembangan linguistik.

Tunjukkan balita Bunda  apa yang Bunda  rasakan dengan menyesuaikan ekspresi wajah Bunda  dengan apa yang telah dikatakan. Pada saat ini, anak Bunda  tidak mengerti bahwa Bunda  hanya ingin menggodanya. (Seringkali ironi orang dewasa salah paham!) Jika Bunda  memeluk anak Bunda  dengan ketat dan sekaligus mengatakan “Halo, monster mengerikanku yang mengerikan!”, Bunda  hanya mengacaukan anak Bunda . Wajahnya berkata, “Halo, harta indah dan penuh kasih saya!”

Anak kecil Bunda  tidak perlu tahu setiap kata yang Bunda  ucapkan. Bantu dia untuk memahami arti umum dari kata-kata Bunda . Saat Bunda  memasak, tutup meja dan kemudian angkat tangan anak Bunda  dan katakan “Makan siang siap”, maka akan dipahami bahwa makan siang telah siap dan datang ke meja dapur – meskipun mungkin tidak mengatakan tanpa tBunda -tBunda  di luar Bisa jadi apa arti kata “makan siang” atau “selesai”. Anak Bunda  belajar arti kata-kata individual dengan mendengarkan mereka berulang-ulang – dalam situasi yang menyenangkan.

Biarkan anak Bunda  berpartisipasi dalam perasaan dan antusiasme Bunda  melalui cara Bunda  berbicara. Biarkan suaramu hidup kembali – apakah Bunda  membicarakannya, Seberapa Bunda  mencintai anak Bunda  atau apakah Bunda  ingin menunjukkan kepada anak Bunda  sekawanan burung. Sambutan yang hidup dan emosional akan membangunkan dan menahan perhatian anak Bunda . Ini akan ingin tahu apa yang Bunda  katakan.

Bagaimana saya bisa membantu balita saya berkomunikasi?

Tunjukkan pada anak bahwa bahasa itu selalu komunikasi. Jika Bunda  berkelahi di depan diri sendiri tanpa mengharapkan jawaban (atau tidak terlihat seolah-olah Bunda  bahagia), atau jika Bunda  tidak menjawab pertanyaan dari anggota keluarga lainnya, anak Bunda  akan percaya bahwa kata-kata itu adalah suara yang tidak berarti.

Jadilah pendengar yang baik untuk anak Bunda . Biarkan dikatakan, lihat saat berbicara, dan dengarkan dengan penuh perhatian dan penuh simpati. Penting untuk memperbaiki anak kecil sesedikit mungkin, tapi cukup bereaksi positif terhadap ucapan anak Bunda  dengan menunjukkan minat yang tulus dan menanggapi apa yang telah dikatakan.

Hindari ucapan sebagai background noise. Jika Bunda  mendengarkan radio, pasang stasiun musik. Kecuali Bunda  benar-benar mendengarkan! Dan jika Bunda  mendengarkan pembicara radio, biarkan si kecil Bunda  melihat bahwa suara tak terlihat itu memberi tahu Bunda  sesuatu yang penting.

Bertindak sebagai penerjemah. Mereka memahami bayi Bunda  jauh lebih baik daripada orang yang mengetahuinya dengan kurang baik. Jika orang lain mengatakan sesuatu dan Bunda  menyadari bahwa anak Bunda  tidak mengerti pernyataannya, Rangkumlah mereka dengan kata-kata Bunda  sendiri – kosa kata Bunda  jauh lebih akrab bagi anak Bunda . Inilah sebabnya mengapa anak Bunda  memahami Bunda  dan orang-orang yang lebih mengenalnya lebih baik daripada orang asing.

Yang sangat penting adalah pernyataan dokter anak Remo Largo yang terkenal: “Dukungan bahasa terbaik adalah hubungan yang baik dengan anak itu.” Ketika anak merasa dicintai, diterima dan dihargai oleh orang tua mereka, mereka mengembangkan rasa harga diri – prasyarat yang sangat penting untuk pengembangan bahasa yang baik.

 

Bagaimana saya mengajari anak saya perbedaan antara kebohongan dan kebenaran?

Anak Bunda  belajar kata-kata baru dan sering menggunakannya dengan benar, namun belum mengenali beberapa makna bahwa orang dewasa tampak jelas. Anak kecilnya, misalnya, belum tahu apa itu janji. Tapi mungkin sudah menggunakan kata. Jika Bunda  membiarkan anak Bunda  bermain lima menit lebih lama, jika berjalan langsung ke tempat tidur, mungkin dengan senang hati Bunda  mengatakan, “Dijanjikan!”. Namun, kata itu sendiri berarti hanya pemahaman Bunda  untuk anak Bunda . Setelah lima menit masih ingin bermain lima menit lagi – dan tidak dapat menempatkan muatan dalam suara Bunda  saat Bunda  mengatakan: “eits . kamu sudah berjanji  loh.”

Perbedaan antara imajinasi dan kenyataan juga sulit bagi balita. Anjing itu bisa disalahkan pada genangan air di tanah – anak Bunda  menginginkan bahwa itu adalah anjingnya dan memang begitu. Keinginan ini sering begitu dominan bagi anak-anak sehingga ia mengaburkan kenyataan.

Saat dia berjuang dengan saudara perempuannya, anak Bunda  jatuh, melukai lututnya dan mengatakan bahwa saudara perempuannya mendorongnya. Dia tidak benar-benar melakukan itu. Tetapi bahkan jika Bunda  tidak menyakiti lutut anak Bunda , dia telah menyakiti perasaannya. Oleh karena itu, anak Bunda  mengatakan kebenaran yang “dirasakan” – dan dalam kasus ini adalah kebetulan kebenaran orang dewasa. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menghukum anak kecil karena berbohong, tapi hanya dengan lembut jelaskan bahwa apa yang anak Bunda  katakan tidak sepenuhnya benar.

Jika anak Bunda  lebih tua (tergantung pada usia antara tiga dan empat tahun), Bunda  dapat menjelaskan kepadanya bahwa janji telah dipertimbangkan dengan baik dan dihormati (Biasanya) mengatakan yang sebenarnya dan (kebanyakan) tidak berbohong. Tapi masih terlalu dini. Jangan mendorong anak Bunda  ke hal-hal yang tidak bisa dipahami. Itu yang terbaik untuk menyenangkan Bunda . Tapi jika Bunda  menetapkan stBunda r untuk anak-anak, tapi tidak untuk balita, anak kecil Bunda  hanya bisa kalah. Bunda  dapat menjelaskan kepadanya bahwa janji harus dipertimbangkan dan dihormati – bahwa Bunda  (biasanya) mengatakan yang sebenarnya dan (kebanyakan) tidak berbohong. Tapi masih terlalu dini. Jangan mendorong anak Bunda  ke hal-hal yang tidak bisa dipahami. Itu yang terbaik untuk menyenangkan Bunda . Tapi jika Bunda  menetapkan stBunda r untuk anak-anak, tapi tidak untuk balita, anak kecil Bunda  hanya bisa kalah. Bunda  dapat menjelaskan kepadanya bahwa janji harus dipertimbangkan dan dihormati – bahwa Bunda  (biasanya) mengatakan yang sebenarnya dan (kebanyakan) tidak berbohong. Tapi masih terlalu dini. Jangan mendorong anak Bunda  ke hal-hal yang tidak bisa dipahami. Itu yang terbaik untuk menyenangkan Bunda . Tapi jika Bunda  menetapkan stBunda r untuk anak-anak, tapi tidak untuk balita, anak kecil Bunda  hanya bisa kalah.

Untuk menambah perbendaharaan bahasa, bunda bisa memfasilitasi anak dengan berbagaimacam buku anak-anak sedari dini. Diantaranya berbagai macam ensiklopedia