Properti

Tips Memilih Rumah Idaman Yang Tepat dan Nyaman

Tips Memilih Rumah Idaman Yang Tepat dan Nyaman

 

Memiliki rumah yang diidam-idamkan tentunya menjadi hal yang diinginkan oleh setiap orang. Namun memilih rumah idaman yang tepat dan nyaman tentu bukanlah hal mudah. Terkadang banyak orang yang hanya tergiur dengan harga murah dan tampilan luar rumah saja, sehingga membuat nya membeli rumah tersebut namun menyesal di kemudian harinya. Tentunya anda tak ingin mengalami hal ini bukan? Nah tips-tips dibawah ini mungkin dapat membantu anda menemukan rumah yang nyaman dan tepat untuk anda tinggali.

  1. Survey Terlebih Dahulu

 

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah melakukan survey terlebih dahulu mengenai rumah yang anda pilih. Baik secara langsung maupun melalui internet, anda bisa mendapatkan info-info penting terkait perumaha tersebut. Namun akan lebih bagus jika anda langsung terjun ke lapangan untuk mendapat info yang real.

 

  1. Status Rumah

 

Perhatikan pula status rumah tersebit. Biasanya rumah yang memang siap huni, anda bisa langsung melihatnya. Namun berbeda dengan rumah indent yang harus anda tunggu antara 8-24 bulan.

 

  1. Pemilihan Cluster
  • Bagi anda yang memiliki anak-anak kecil, akan lebih baik bila anda memilih rumah yang berada di dalam cluster. Hal ini karena terdapat satpam yang menjaga sekeliling perumahan sehingga lebih aman.
  • Sesuaikan arah rumah dengan arah matahari. Sehingga rumah anda cukup mendapatkan sinar matahari baik pagi atau sore.
  • Akan lebih baik bila terdapat sisa tanah di sekeliling rumah, sehingga membuat anda mudah jika ingin melakukan renovasi.

 

  1. Harga Rumah

 

Cek lah harga rumah tersebut, biaya-biaya lain yang masuk di dalamnya, seperti:

  • Biaya AJB
  • Biaya SHGB
  • Biaya PPN 10%
  • Biaya BPHTB
  • Biaya KPR

 

  1. Garansi

 

Biasanya pihak-pihak perumaha menawarkan garansi dari 3-6 bulan. Biasanya waktu ini juga disebut dengan waktu pemeliharaan. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk complain bila terjadi masalah pada rumah tersebut.

Nah itu tadi tips-tips jitu yang dapat membantu anda mendapatkan rumah yang nyaman dan tepat untuk anda tinggali. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.